Manfaat Service Marketing
Berdasarkan laman Marketing91, manfaat dari service marketing adalah sebagai berikut:
- Membantu perusahaan untuk melakukan customer retention
- Mempermudah perusahaan dalam mencapai target konsumen atau audiens.
- Meningkatkan loyalitas pelanggan pada brand perusahaan
- Membantu perusahaan untuk memperoleh keunggulan kompetitif
- Memastikan layanan atau jasa yang diberikan sudah sesuai dengan visi dan misi perusahaan.
Karakteristik Service Marketing
Masih berdasarkan laman Analytic Steps, service marketing adalah suatu konsep atau strategi baru di dalam dunia marketing. Nah, untuk mengetahui praktiknya, Anda harus terlebih dahulu memahami karakteristik unik yang Anda miliki.
Berdasarkan laman MBA Skool, beberapa karakteristik dari service marketing adalah sebagai berikut:
1. Tidak Memiliki Bentuk Fisik atau Intangible
Suatu layanan atau jasa tidak mempunyai bentuk fisik dan tidak bisa dipegang maupun dilihat. Hal ini tentunya berbeda dengan produk yang memiliki bentuk fisik.
Sehingga, hal tersebut akan membuat perusahaan penyedia layanan atau jasa harus melakukan pendekatan pemasaran yang juga berbeda.
2. Tidak Ada Kepemilikan
Suatu layanan atau jasa tidak akan bisa menjadi milik pelanggan walaupun mereka sudah membayar ataupun membelinya. Hal tersebut dikarenakan pelanggan hanya akan memperoleh pengalaman saat memanfaatkan jasa atau layanan tersebut. Untuk itu, layanan pemasaran akan sangat berhubungan dengan pengalaman pelanggan.
3. Tidak Dapat Dipisahkan
Artinya, di dalam layanan pemasaran, suatu jasa atau layanan yang dibeli oleh pelanggan akan dibuat dan juga digunakan saat itu juga, serta tidak akan bisa dipisahkan dari perusahaan penyedia jasa atau layanannya.
Sehingga, perusahaan harus bisa menunjukkan bahwa layanan atau jasa yang ditawarkan dalam kegiatan marketingnya sangat menarik dan menguntungkan untuk bisa digunakan.
4. Tidak Bisa Disimpan
Karena suatu jasa atau layanan bisa saat itu juga digunakan, maka hal tersebut tidak bisa disimpan oleh pelanggan. Hal ini pun membuat pelanggan jadi tidak lagi mudah yakin atau percaya pada layanan atau jasa yang ditawarkan.
Untuk itu, service marketing dibutuhkan untuk meyakinkan pelanggan bahwa jasa atau layanan yang Anda tawarkan adalah hal yang sangat penting.
5. Biaya yang Dikeluarkan
Berbeda dengan produk fisik yang memiliki dasar harga yang pasti, jasa ataupun layanan tidak mempunyai standarisasi biaya yang harus dikeluarkan oleh pelanggan untuk membelinya. Contohnya suatu hotel bintang satu yang menawarkan layanan harga murah namun memiliki kualitas rendah.
Hal ini tentunya berbeda dengan hotel bintang lima yang memberikan harga tinggi namun dengan kualitas, pengalaman, dan layanan yang jauh lebih baik.
Untuk itu, ketika melakukan layanan pemasaran, biaya ataupun harga yang dikenakan akan lebih ditampilkan agar bisa menarik perhatian calon pelanggan.
6. Variabilitas
Pengalaman yang dirasakan oleh setiap pelanggan pastinya berbeda-beda walaupun mereka memperoleh jasa ataupun layanan yang sama.
Pasalnya, dasar pengalaman adalah suatu hal yang sangat subjektif. Untuk itu, service marketing dimanfaatkan untuk bisa meyakinkan pelanggan bahwa mereka akan tetap memperoleh pengalaman yang positif dari jasa ataupun layanan.
7. Keterlibatan Manusia
Service marketing adalah suatu kegiatan pemasaran yang memberikan solusi atau memenuhi kebutuhan pelanggan. Sehingga, keterlibatan manusia mempunyai peran yang penting di dalam strategi ini, terlepas dari adanya perkembangan teknologi.
Layanan pemasaran akan lebih melibatkan Price, Place, Promotion, Product, People, Process dan Physical evidence (7P) dalam perencanaan dan juga kegiatan pemasarannya.
Anda dapat mengetahui keuntungan usaha Anda melalui Laporan Keuangan, untuk penanganan lanjutan konsultasikan segera bersama kami disini