Apa itu Kode Referral?
Saat ini, masih banyak pebisnis yang belum mengetahui strategi marketing kode referral. Berdasarkan laman Referralrock, kode referral adalah salah satu strategi marketing produk dalam bentuk kode unik yang mencakup angka sampai kode alfanumerik. Nantinya, kode tersebut diberikan oleh pihak penjual pada pelanggan.
Pemilik atau pemegang kode tersebut nantinya akan menyebarluaskan kode unik yang telah mereka dapatkan pada rekan sampai keluarga agar bisa memperoleh sejumlah keuntungan dari pihak penjual. Pemberian kode ini mampu memberikan keuntungan yang besar pada pihak pembeli maupun pihak penjual.
Jenis-jenis Referral Code
Sebagai salah satu strategi marketing, kode referral memiliki beberapa jenis. Berikut ini adalah penjelasannya.
1. One Way Incentives Referrer
Dalam jenis kode ini, pihak pemilik kode saja yang akan memperoleh keuntungan. Sedangkan pihak yang menggunakan kodenya tidak mendapatkan keuntungan apapun.
Contoh sederhana dari kode ini adalah saat suatu tempat kursus internet marketing tengah mengadakan program, di mana anggota lama yang mengajak anggota baru bisa mendapatkan gratis biaya kursus selama satu bulan. Anggota lama bisa mendapatkan keuntungan dalam bentuk gratis biaya kursus, sedangkan anggota baru tidak akan mendapatkan keuntungan apa-apa.
2. One Way Incentives Referred
Jenis ini akan memberikan keuntungan pada pihak pengguna kode referral saja, tidak untuk pihak yang memberikan kode.
Contohnya, saat suatu tempat kursus internet marketing sedang mengadakan program anggota baru dengan diskon biaya kursus sebesar 50%.
3. Two Way Incentives Referral
Jenis ini akan memberikan keuntungan pada pihak pemberi dan pihak yang menggunakan kode referral. Jenis ini juga menjadi jenis kode referral yang paling banyak dijumpai.
4. No incentives
Lain halnya dengan jenis kode di atas, jenis kode ini tidak akan memberikan keuntungan apa-apa pada pihak pengguna ataupun pihak pemberi kode referral. Oleh karenanya, pihak perusahaan harus bisa membuat pelanggan puas atas produk atau jasanya.
Cara Kerja Referral Code
Dalam proses penggunaannya, tentu kode ini mempunyai cara kerja sendiri. Dengan adanya penyebaran kode pada pelanggan, maka harapan untuk bisa meningkatkan penjualan produk pun sangat besar. Sebagai seorang pebisnis, maka Anda harus memikirkan metode penukaran dari kode tersebut.
Bila kodenya diberikan oleh brand pada pelanggan, maka pelanggan harus menyebarkan kode tersebut pada rekan atau keluarganya. Selain itu, pelanggan juga bisa menyebarkannya pada media sosial yang mereka miliki.
Jangan lupa juga untuk turut menyebarkan informasi terkait keuntungan yang bisa diperoleh pelanggan saat menggunakan kode tersebut.
Hal lainnya yang juga tidak boleh dilewatkan adalah perusahaan harus bisa mencari cara yang tepat dalam menerima dan menghimpun semua transaksi dari kode referral. Pencatatan yang tepat akan memudahkan Anda untuk mengetahui transaksi yang terjadi dari kode tersebut.
Berbagai Keuntungan bagi Bisnis atas Referral Code
Pemanfaatan kode referral bagi perusahaan sebagai salah satu strategi marketing untuk meningkatkan omset dan strategi penjualan tentu memiliki beberapa keuntungan.
Dengan adanya kode ini, maka suatu bisnis akan bisa memperoleh banyak pembeli baru yang akan membeli produknya. Banyak sekali pembeli baru yang nantinya akan hadir secara tidak langsung yang akan membuat Anda bisa mendapatkan berbagai data pelanggan.
Nah, data pelanggan tersebut nantinya harus Anda evaluasi agar bisa terus berkembang secara lebih baik.
Selain itu, kehadiran pelanggan baru tentu akan bisa meningkatkan kepercayaan dari pembeli lainnya. Semakin tinggi tingkat kepercayaan pelanggan pada suatu brand, maka akan bisa meningkatkan penjualan bisnis.
Anda dapat mengetahui keuntungan usaha Anda melalui Laporan Keuangan, untuk penanganan lanjutan, konsultasikan segera bersama kami disini