Apa itu Follow Up? (M&M)
Dilansir dari laman Forbes, follow up adalah suatu kata yang berasal dari bahasa Inggris yang mempunyai arti tindak lanjut. Maksud dari tindak lanjut dalam hal ini adalah suatu tindakan yang dilakukan setelah memperkenalkan produk pada orang lain.
Perkenalan pada produk atau layanan jasa, atau bisnis ini nantinya akan ditindak lanjuti oleh orang lain. Kegiatan tindak lanjut dari orang lain pada Anda ini yang dikenal dengan follow up atau yang sering disingkat dengan FU.
Tujuan utama dari dilakukannya follow up adalah agar bisa memancing respon dari calon pelanggan dan mengingatkan mereka akan produk yang telah ditawarkan oleh perusahaan.
Hal ini sebenarnya bisa dilakukan secara sederhana, seperti dengan menghubungi pihak klien dan pihak konsumen terkait produk yang telah ditawarkan, sehingga bisa memastikan respon dari mereka.
Namun, tindakan ini harus dilakukan secara konsisten. Pasalnya, tindak lanjut dalam dunia bisnis sangat diperlukan agar produk bisa mencapai target dan bisa tepat sasaran.
Selain itu cara tersebut juga bisa membantu perusahaan dalam membangun hubungan dengan klien dan juga memastikan mereka untuk mengenal bisnis Anda.
Oleh karena itu, setelah Anda menjalin hubungan yang baik dengan para calon pelanggan, maka Anda harus segera menghubungi mereka secara rutin. Jika Anda gagal melakukannya, maka pelanggan akan melupakan bisnis Anda dan beralih ke kompetitor bisnis Anda.
Peran Penting Follow Up dalam Penjualan Perusahaan
Secara umum, perusahaan yang tidak melakukan FU pada pelanggan mempunyai peluang yang lebih besar untuk para pesaing bisnis dalam merebut posisinya. Terlebih lagi bila pesaing bisnis tersebut rutin melakukan FU. Akibatnya, pelanggan yang beralih ke pesaing bisnis akan membuat perusahaan merugi.
Nah, berikut ini beberapa manfaat dari melakukan follow up yang penting dalam bisnis:
1. Meningkatkan Penjualan
Fokus utama dalam melakukan kegiatan marketing, promosi dan follow up adalah agar bisa meningkatkan nilai penjualan produk, sehingga akan bisa meningkatkan pemasukan untuk perusahaan.
Setiap konsumen yang melakukan transaksi pasti akan lebih menyukai penjual yang mampu memberikan pelayanan terbaik. Jadi, jika Anda rajin dalam melakukan FU, maka bisa dipastikan Anda bisa memiliki banyak konsumen.
2. Mengingatkan Konsumen Tentang Produk
Follow up dilakukan setelah melakukan kegiatan pemasaran dan promosi produk, sehingga follow up memiliki fungsi untuk mengingatkan calon pelanggan dan pelanggan setia Anda.
Saat calon pelanggan atau pelanggan setia Anda belum melakukan transaksi, kemungkinan besar mereka sedang melakukan pertimbangan tertentu. Untuk itu, melakukan FU bisa memberikan informasi yang lebih lengkap, sehingga pelanggan tidak merasa ragu untuk membeli produk.
3. Menyampaikan Informasi Terbaru
Manfaat yang selanjutnya adalah memastikan pelanggan setia untuk bisa memperoleh informasi terbaru terkait produk. Dengan melakukan follow up, maka Anda bisa memastikan bahwa mereka bisa mengetahui informasi produk dengan baik.
Contohnya seperti memberikan informasi terbaru tentang produk dan layanan baru, testimoni pelanggan, tips dan trik, informasi rilis produk, dan lain sebagainya. Sehingga, nantinya calon pelanggan akan tertarik dengan produk Anda dan mau melakukan transaksi pembelian.
4. Membangun Hubungan Bisnis Dalam Jangka Panjang
Seperti yang sebelumnya telah dijelaskan, follow up bisa dijadikan sebagai media untuk konsumen dan pebisnis dalam mengembangkan hubungan yang baik. Tapi, satu hal yang harus digaris bawahi adalah Anda harus menghindari pola pikir bahwa hubungan yang baik hanya diperlukan untuk membuat pelanggan membeli produk atau melakukan transaksi pembelian sekali saja.
Anda juga harus mempunyai hubungan yang baik dengan pelanggan setia agar bisa meningkatkan kepercayaan yang telah tumbuh.
Dengan adanya komunikasi dan juga hubungan baik yang telah terbentuk, maka akan sangat berguna sebagai dasar terjalinnya komunikasi bisnis dalam jangka waktu yang panjang, sehingga saat pelanggan ingin membeli produk, pelanggan tersebut tidak lagi ragu untuk menghubungi Anda secara langsung.
5 .Membina Hubungan Konsumen
Peran penting dari follow up yang selanjutnya adalah membangun hubungan yang baik dengan para calon pelanggan. Dengan adanya hubungan yang baik, maka Anda bisa mendapatkan kepercayaan yang lebih tinggi dan bisa lebih mudah dalam menawarkan produk atau layanan jasa baru pada calon pelanggan.
Anda dapat mengetahui keuntungan usaha Anda melalui Laporan Keuangan, untuk penanganan lanjutan, konsultasikan segera bersama kami disini