4 Tips Ampuh dalam Menjalankan Digital Advertising
1. Elemen Kreatif
Ketika menjalankan iklan di media sosial, akan sangat penting sekali untuk selalu memerhatikan elemen kreatif secara berkala agar iklan Anda bisa selalu relevan dan audiens tidak melihat iklan yang sama lebih dari satu kali.
Ketika sedang mencoba menjalankan kampanye iklan baru, cobalah untuk mencari dan membuat desain gambar yang mempunyai karakteristik dan estetika yang konsisten, sehingga audiens nantinya akan lebih mudah dalam mengenali brand Anda.
2. Gunakan Uang dengan Bijaksana
Setiap media yang menyediakan layanan iklan akan menawarkan nilainya masing-masing. Anda harus bisa mencari tahu dan juga melakukan analisa yang matang tentang media yang tepat di mana Anda harus menginvestasikan uang dan waktu Anda. Untuk itu, sangat penting sekali untuk bisa mengetahui berbagai kekurangan dan kelebihan dari setiap media penyedia iklan tersebut.
Media iklan mesin pencarian seperti misalnya Google Ads akan memiliki fungsi yang baik saat ada permintaan untuk produk atau layanan Anda dan juga saat Anda ingin mengarahkan iklan pada orang yang mencari produk atau layanan Anda di dunia maya.
Namun, Google Ads diklaim kurang efektif untuk perusahaan startup yang membuat produk inovatif, baru dan sebelumnya belum pernah dilihat di pasar.
Sedangkan untuk produk yang bisa secara mudah dijumpai di toko konvensional ataupun minimarket, pencarian yang dilakukan secara online akan sangat jarang sekali terjadi, sehingga media periklanan seperti Google Ads akan terasa kurang efektif.
Sebaliknya, platform media sosial lah yang berperan penting. Pengguna media sosial biasanya akan mengisi profil mereka dengan detail demografis dan minat lain. Itu artinya, Anda bisa menargetkan mereka yang tertarik dengan bisnis Anda, baik itu pada mereka yang sedang mencari bisnis Anda ataupun yang sedang tidak mencari.
3. Lakukan Riset
Sekarang Anda mungkin sudah sedikit memahami apa saja yang diperlukan oleh audiens Anda dengan berdasarkan pengalaman masa lalu dengan iklan yang telah dijalankan. Tapi, meluangkan waktu untuk bisa melakukan riset secara menyeluruh dan mempunyai berbagai data untuk mendukung kegiatan Anda sangatlah penting.
Dengan adanya riset yang mendalam, maka Anda bisa melakukan antisipasi saat pelanggan Anda menunjukkan perilaku tertentu yang kemungkinan akan merugikan bisnis Anda di masa depan.
Untuk itu, sangat penting sekali untuk melakukan antisipasi di berbagai situasi serta menggunakan informasi yang Anda kumpulkan dari riset untuk bisa merencanakan strategi pemasaran Anda selanjutnya.
4. Coba Kenali Target Audiens Anda
Dalam kegiatan digital advertising, sangat penting sekali untuk bisa memahami target audiens Anda, media sosial yang paling sering mereka gunakan, dan Anda harus memastikan bahwa mereka mampu menghasilkan beberapa konten di sana.
Saat sedang membicarakan tentang digital advertising, maka Facebook jelas menjadi pemimpin, karena mereka memiliki pilihan terbaik untuk bisa menentukan pada siapa Anda ingin beriklan dan mengatur berapapun anggarannya.
Selain itu, Facebook juga nantinya akan membantu Anda untuk menargetkan audiens dengan berdasarkan minat dan Anda bisa memasukkan sampai sepuluh jenis minat.
Itulah kenapa Anda hanya harus mengenal siapa saja target audiens Anda, apa yang mereka perlukan, dan apa yang mereka ingin lakukan. Sehingga, konten yang Anda buat nantinya harus bisa menyesuaikan dengan karakteristik audiens dan hal tersebut nantinya akan menarik perhatian mereka.
Anda dapat mengetahui keuntungan usaha Anda melalui Laporan Keuangan, untuk penanganan lanjutan, konsultasikan segera bersama kami disini