1. Product Manager/ Brand Manager
Product ataupun brand manager atau di dalam beberapa perusahaan sering dikenal dengan product executive, adalah mereka yang bertugas di dalam brand dan juga omset penjualan dalam suatu perusahaan, walaupun memang mereka tidak secara langsung terjun ke dalam proses penjualan.
Biasanya, mereka diberikan tanggung jawab secara langsung untuk memegang anggaran komunikasi perusahaan. Sehingga, mereka harus tahu tentang, apa, kapan, dan bagaimana perusahaan membuat event, iklan, sampai berbagai diskon tertentu.
Biasanya, mereka akan membawahi orang-orang yang bertugas sebagai sales dalam suatu perusahaan. Mereka juga harus bisa membina orang-orang tersebut, karena sales adalah ujung pedang utama perusahaan.
Walaupun tidak secara langsung terjun ke lapangan, bila pemasukan perusahaan sedang turun, umumnya merekalah orang yang pertama kali akan disalahkan.
Karena adanya tanggung jawab yang besar tersebut, maka mereka bisa diberikan gaji pokok rata-rata mulai dari 30 juta rupiah hingga 50 juta rupiah perbulan. Tapi, gaji tersebut khusus untuk senior brand manager saja. Untuk junior, kemungkinan besar bisa mendapatkan gaji pokok dari mulai belasan hingga 20 jutaan rupiah per bulan.
2. Community Manager atau Engagement Manager
Sama seperti namanya, mereka yang mengisi posisi ini memiliki tugas untuk menjaga hubungan yang baik antar perusahaan dengan pelanggan perusahaan. Namun, hal tersebut tidak dilakukan secara langsung.
Mereka harus melakukan analisis produk yang dijual oleh pihak perusahaan, lalu menerapkan strategi dengan berdasarkan evaluasi tersebut, sehingga keluhan yang ada akan tertangani dan hubungan yang baik pun akan terjaga dalam jangka waktu yang lebih panjang.
Tujuan mereka adalah untuk mendapatkan kesetiaan pelanggan atau repeat order dalam bisnis. Umumnya, mereka akan diberikan target pemasukan minimal atau customer engagement minimal oleh perusahaan tempatnya bekerja.
Walaupun sama-sama mempunyai tanggung jawab yang besar, tapi seorang senior engagement manager dalam satu bulan bisa mendapatkan gaji rata-rata mulai dari 20 juta rupiah hingga 50 juta rupiah.
3. Area Manager
Jika pada kedua bidang sebelumnya lebih banyak berurusan dengan penjualan yang berorientasi pada pelanggan, maka seorang area manager akan lebih banyak berhadapan dengan penjualan yang berorientasi pada lokasi.
Mereka tidak akan dituntut banyak untuk berpikir mengembangkan brand, iklan, sampai strategi diskon. Karena, hal tersebut sepenuhnya telah diatur oleh brand manager. Namun, mereka akan lebih banyak berkaitan dengan panen produk di pasar dan menghadapi berbagai masalah yang timbul di dalamnya.
Contohnya, mereka membuat suatu strategi tentang bagaimana cara berbagai toko di dalam suatu area yang mereka pegang bisa yakin untuk mendistribusikan barang yang dijual. Bila toko malas untuk mengambil barang dengan 1001 alasan, maka hal tersebut harus bisa diselesaikan oleh area manager.
Selain itu, mereka pun harus memiliki ilmu tentang manajemen stok dan juga rantai pasok. Jika permintaan lebih tinggi dan stok persediaan kosong, maka area manager akan mendapatkan teguran oleh perusahaan.
Penghasilan mereka pun tidak sebesar brand manager dan juga engagement manager, tapi mereka bisa tetap mendapatkan gaji yang lumayan besar, mulai dari 15 juta rupiah sampai dengan 25 juta rupiah per bulan.
4. Marketing Director
Seorang marketing director mempunyai tanggung jawab yang besar dan langsung pada seluruh proses marketing yang terdapat di dalam suatu perusahaan. Semua strategi pemasaran yang diurus berbagai jabatan di atus harus berdasarkan arahan dari seorang marketing director.
Jadi, marketing director adalah bos besar dari divisi marketing perusahaan. Untuk itu, jangan heran bila seorang senior marketing director di dalam perusahaan besar bisa memperoleh upah bulanan sebesar 50 juta rupiah sampai 150 juta rupiah per bulan.
Anda dapat mengetahui keuntungan usaha Anda melalui Laporan Keuangan, untuk penanganan lanjutan, konsultasikan segera bersama kami disini