Kelebihan Penjualan Langsung
1. Kontak Langsung
Kelebihan pertamax dari sistem penjualan langsung adalah penjual akan mempunyai kontak langsung dengan para pelanggan. Dengan adanya hubungan yang langsung dengan pelanggan, maka penjual bisa mempelajari kebutuhan pelanggan dan menciptakan peluang bisnis serta memberikan pelayanan yang sesuai dengan kebutuhan mereka.
Contohnya, pelanggan tetap bisa memesan produk yang mereka perlukan atau dapat merekomendasikan produk Anda pada teman ataupun keluarga mereka. Dengan adanya cara ini, maka kegiatan pengembangan bisnis bisa dilakukan secara lebih mudah.
2. Mengurangi Biaya Pemeliharaan
Kelebihan ini hanya bisa dirasakan di lingkungan bisnis non-ritel. Itu artinya, penjual tidak diwajibkan untuk membangun usaha toko untuk keperluan penjualan barang dagangannya. Toko adalah suatu kewajiban yang mahal untuk penjual.
Mereka harus menyewa atau membeli tempat untuk membangun toko ritel, membayar pajak properti, menjaga ketersediaan stok barang, mempekerjakan tenaga penjual dan orang-orang untuk memelihara toko, serta pengeluaran kecil lainnya. Seluruh biaya ini harus dibayar dari keuntungan yang didapat dari kegiatan penjualan.
Namun, penjual bisa menghindari seluruh biaya tersebut dengan melakukan sistem penjualan langsung dan bisa meningkatkan margin keuntungannya. Selain itu, saat penjual menjual barang atau jasanya di dalam toko, mereka harus membeli produk dari produsen dengan jumlah tertentu.
Uang mereka akan hilang bila penjualan tidak memenuhi harapan. Padahal, penjual bisa membelinya dalam jumlah yang terbatas dan bisa menjual lagi lebih banyak setelah menjual stok sebelumnya.
3. Keuntungan Margin
Keuntungan lainnya dalam sistem penjualan langsung adalah margin laba tinggi untuk perusahaan induk dan penjual. Banyak pebisnis yang menerapkan metode ini demi memperoleh keuntungan yang besar.
Umumnya, pebisnis kecil mempunyai dana yang terbatas dalam memulai bisnisnya. Untuk itu, mereka menghemat biaya mediator, sehingga mereka bisa meningkatkan margin keuntungannya.
4. Respon dan Kepuasan Pelanggan
Saat Anda bertemu dengan pelanggan di lingkungan non ritel, maka Anda mempunyai kesempatan yang luas untuk melakukan percakapan dengan mereka selain hanya menjual saja. Dengan adanya cara ini, maka Anda bisa membangun hubungan yang sehat dengan mereka, di mana mereka akan sangat merasa nyaman dalam memberikan masukan yang jujur terkait produk Anda.
Memperoleh feedback yang jujur dan langsung dari para pelanggan akan jauh lebih baik ketimbang mendapatkan feedback dari mediator. Anda bisa memanfaatkan informasi tersebut untuk meningkatkan kualitas produk dan menjaga rasa kepuasan pelanggan.
Selanjutnya, Anda bisa membuat pelanggan merasa lebih puas. Sebagian besar para pelanggan akan merasa kesal saat mereka tidak diberikan perhatian di toko. Mereka juga harus menghabiskan waktu yang lama dalam mencari produk yang mereka perlukan. Beberapa yang lainnya bahkan mempunyai kendala waktu dalam pergi berbelanja.
Nah dengan sistem penjualan langsung, maka Anda bisa mendapatkan segmen pasar baru. Untuk itu, kepuasan pelanggan harus Anda jaga demi memperoleh keuntungan tambahan.
5. Tidak Perlu Biaya Pemasaran
Tujuan utama kegiatan pemasaran adalah menyadarkan semua orang akan kehadiran produk dan menginformasikan pada orang-orang terkait kualitas produk. Untuk itu, banyak perusahaan yang menghabiskan dana puluhan juta rupiah untuk mengenalkan dan memasarkan produk.
Nah, biaya pemasaran dan periklanan adalah dua bagian yang tidak boleh dipisahkan dari harga pokok produksi. Biaya periklanan dan pemasaran didapat dari keuntungan yang didapat dengan menjual produk. Sehingga, margin keuntungan penjualan pun akan berkurang.
Dalam hal ini, penjual akan menemui pelanggan secara individu dan menginformasikan pada mereka terkait produk dan memberikan materi yang berisi informasi produk. Untuk itu, biaya pemasaran dan periklanan pun bisa berkurang dan penjual bisa menghemat uang jutaan rupiah.
Kekurangan Penjualan Langsung
1. Sulit Menjangkau Secara Luas
Akan sulit bagi seseorang dalam menjangkau audiens yang lebih luas, seperti dengan mengadakan party plan house atau door-to-door. Selain itu, akan sangat sulit untuk bisa mencakup orang dalam satu kota dan menghibur pelanggan dalam waktu yang bersamaan.
2. Aspek Pribadi
Sistem penjualan langsung adalah sistem pemasaran yang memakan banyak waktu. Tentu saat Anda sudah menginvestasikan uang, Anda ingin memastikan uang Anda tersebut bisa memberikan keuntungan. Oleh karenanya, Anda akan sangat diharuskan bekerja keras tanpa ada waktu libur.
Bahkan, Anda tetap harus bekerja di akhir pekan karena hari tersebut adalah hari di mana sebagian besar orang bisa bebas dan bisa mendatangi pertemuan bisnis atau duduk bersama dengan Anda untuk mendengarkan presentasi produk yang Anda jual.
3. Rejection
Dewasa ini, terdapat banyak sekali cara untuk membeli barang atau jasa. Sebagian orang ada yang sedikit tidak percaya untuk membeli barang dari seseorang yang datang dari pintu ke pintu. Untuk itu, Anda harus siap banyak menghadapi berbagai penolakan saat melakukan sistem penjualan langsung.
masing masing kelebihan dan kekurangan yang telah diulas, tentu 1 sisi memberikan dampak positif dan 1 sisi memberikan dampak negatif terhadap keuangan bisnis Anda, untuk mengetahui bagaimana berjalannya sistem penjualan langsung yang diterapkan dalam perusahaan, dapat dilihat dalam Laporan Keuangan, untuk penanganan lanjutan, konsultasikan segera bersama kami disini