Apa Itu Minutes of Meeting?
Berdasarkan laman The Balance Careers, minutes of meeting adalah suatu catatan detail yang berguna sebagai catatan tertulis resmi dari kegiatan konferensi atau rapat
Mencatat minutes of meeting cukup sulit untuk dilakukan. Mungkin Anda akan kesulitan untuk membuatnya bila belum memiliki pengalaman.
Anda harus mencatat minutes of meeting secara akurat dan detail karena catatan ini sangat dibutuhkan oleh manajemen perusahaan.
Menurut CFI, minutes of meeting adalah suatu catatan yang bisa merekam seluruh poin selama rapat berlangsung. Berbagai catatan tersebut berisi topik apa saja yang dibahas, ide yang diutarakan, dan kesimpulan yang bisa diambil selama rapat berlangsung.
Bila rapat telah usai, maka catatan tersebut akan dibagikan pada setiap anggota yang sudah mengikuti rapat agar tetap bisa mengingat poin yang sebelumnya sudah dibahas selama rapat.
Jadi, minutes of meeting sangat bermanfaat untuk anggota dalam mengingat kesimpulan hasil rapat.
Jenis dari Minutes of Meeting
Berdasarkan laman Chron, jenis minutes of meeting akan sangat bergantung pada jenis rapat yang sedang dilakukan.
Bila rapat yang dilakukan adalah rapat informal, maka tidak perlu membuat catatan dengan pedoman yang lengkap. Tapi, catatan tersebut tetap harus berisi informasi yang detail dan akurat.
Sedangkan untuk jenis rapat yang bersifat formal, seperti RUPS, maka catatan harus dibuat secara cermat dan detail. Umumnya sudah ada template minutes of meeting dan pedoman resmi yang sudah diatur oleh perusahaan.
dalam menghadapi meeting dalam perusahaan, tentu segala sesuatu yang berkaitan harus dipersiapkan dengan baik, termasuk Laporan Keuangan, agar bisa bermanfaat bagi pemangku kepentingan, seperti Investor dan Pemegang Saham, untuk penanganan lanjutan, segera konsultasikan bersama kami disini