Pengertian Tanda Terima Barang?
Sebelum kita masuk pada contoh tanda terima barang, kita harus mengetahui pengertian dari tanda terima barang terlebih dahulu.
Tanda terima barang adalah suatu dokumen yang di dalamnya berisi informasi lengkap tentang barang yang menjadi objek transaksi, termasuk nama pengirim dan juga penerimanya.
Mengutip dari Situs Perusahaan Logistik Saloodo, Nota Penerimaan Barang merupakan catatan penerimaan barang dari pemasok, dan catatan tersebut ditunjukkan sebagai bukti bahwa produk pesanan telah diterima.
Selain itu, catatan tersebut digunakan pembeli untuk membandingkan jumlah barang yang dipesan dengan jumlah barang yang dikirimkan.
Surat tanda terima barang ini tidak hanya dibutuhkan untuk kegiatan serah terima barang saja,
Tapi juga penting untuk benda lainnya, seperti uang, dokumen, jasa, atau layanan tertentu yang melibatkan kedua belah pihak.
Surat tanda terima barang ini mempunyai peran yang sangat penting dalam kegiatan dan transaksi bisnis.
Kenapa? Karena sangat berguna sebagai bukti transaksi penyerahan dan penerimaan suatu barang.
Sehingga, nantinya akan bisa menghindari kesalahan yang bisa terjadi di kemudian hari seperti salah kirim alamat, tertukarnya barang, atau kehilangan barang.
Untuk menghindari terjadinya hal tersebut, dalam surat tanda terima barang akan dilengkapi dengan detail keterangan barang, nama penerima, dan waktu serta tanggal penyerahan ataupun penerimaan barang.
Contoh yang paling sederhana dan paling mudah ditemukan dari surat tanda terima barang ini adalah resi pengiriman barang.
Sebagai pihak yang mewakili perusahaan pengiriman atau ekspedisi, maka kurir akan selalu meminta tanda tangan dengan nama terang penerimanya saat menyerahkan barang.
Di dalam resi tersebut, kurir juga akan menambahkan keterangan waktu penyerahan barang, yang mencakup tanggal dan jam tepatnya suatu barang diserahkan pada pihak penerima.
Hal tersebut dilakukan agar bisa mengantisipasi kemungkinan adanya keluhan ataupun komplain dari pihak penerima, bahkan pihak yang akan mengirimkan barang.
Fungsi Tanda Terima Barang
Dalam setiap kegiatan bisnis akan selalu melekat dari adanya dokumentasi ataupun pengarsipan.
Berbagai dokumen yang diarsipkan tersebut nantinya digunakan sebagai acuan untuk membuat laporan, seperti laporan penjualan, laporan keuangan, dan laporan perkembangan perusahaan.
Surat tanda terima barang ini digunakan agar bisa memantau lancar atau tidaknya proses pengiriman suatu barang.
Surat tanda terima barang di dalam kegiatan bisnis ini mempunyai dua fungsi utama, yakin sebagai kontrol internal dan sebagai dokumentasi perusahaan.
- Kontrol Internal
Dalam bisnis apapun, baik itu bisnis berskala kecil atau skala besar, pasti akan mempunyai kegiatan yang cukup kompleks,
Sehingga memerlukan dokumentasi ataupun pengarsipan dalam setiap kegiatan dan juga transaksinya.
Surat tanda terima barang ini menjadi salah satu dokumen yang sangat penting yang harus dimiliki dalam suatu bisnis.
Surat ini diperlukan agar bisa mengetahui progres dan proses pengiriman barang pada pihak klien ataupun pelanggannya.
Selain itu, surat tanda terima barang pun harus berfungsi agar bisa memastikan bahwa barang pesanan sudah dikirim ke pihak pembeli atau pelanggan dengan kondisi baik, atau tidak ada kerusakan.
- Dokumen Perusahaan
Surat tanda terima barang juga bisa dijadikan sebagai bukti bahwa barang sudah diserah dan diterima pada pihak pelanggan atau pihak yang memesan barang tersebut.
Jadi, surat tanda terima barang adalah surat yang sangat penting untuk perusahaan yang akan menunjukkan bahwa perusahaan sudah menyerahkan barang yang dibeli oleh pihak pelanggan.
Contoh Tanda Terima Barang
Penggunaan surat tanda terima barang ini sebenarnya tidak hanya terbatas untuk bisnis/perusahaan saja.
Surat ini bisa digunakan oleh perusahaan organisasi sosial sebagai laporan pertanggungjawaban penggunaan donasi pada donatur.
Bahkan, instansi pemerintahan pun bisa memanfaatkan dokumen ini sebagai salah satu bukti dari adanya penyerahan barang kepada pihak atau orang tertentu.
Sebenarnya contoh tanda terima barang terdapat banyak, Setiap bisnis memiliki format tanda terima barangnya masing-masing, hal tersebut disesuaikan dengan bidang atau jenis usaha yang dilakukan.
Walaupun begitu, surat tanda terima barang umumnya memuat informasi yang hampir serupa, yaitu data pengirim dan penerima yang mencakup nama, email telepon, alamat, dan lain sebagainya.
Selain itu, di dalamnya juga terdapat informasi tentang detail barang yang nantinya akan diserahkan.
Surat ini juga berisi waktu tentang penyerahan barang dan tanda tangan dari pihak pengirim serta pihak penerima.
Anda dapat mengetahui keuntungan usaha Anda melalui Laporan Keuangan, untuk penanganan lanjutan, konsultasikan segera bersama kami disini