Retur Penjualan (2/3)

Pengertian Retur Penjualan

Retur Penjualan adalah pengembalian barang yang terjadi atas transaksi penjualan, dimana barang yang telah terjual ke pelanggan / konsumen dikembalikan lagi ke pihak penjual, yang disebabkan karena beberapa hal seperti yang telah dijabarkan pada bahasan sebelum nya

Retur penjualan ini hanya terjadi pada sistem jual beli barang, pembeli yang melakukan retur penjualan ini, pada umum nya akan diberikan beberapa alternatif pilihan oleh pihak penjual, di antara nya :

  1. menukar barang yang sama
  2. menukar barang lain dengan kompensasi harga
  3. mengembalikan uang
  4. kompensasi atas ongkos kirim
  5. kompensasi atas biaya lainnya
  6. kompensasi dengan faktur penjualan

beberapa hal diatas, merupakan yang umum nya terjadi, cara mengaplikasikan retur penjualan ini, akan berbeda antara penjualan tunai dengan penjualan kredit tergantung pada SOP yang diterapkan sesuai bidang usaha maupun skala usaha nya tsb, business process yang berlangsung pun ikut terdampak jika aplikasi dari retur penjualan ini tidak sesuai, agar tidak mempengaruhi secara luas bisnis ada, segera Konsultasikan bersama kami disini

Previous Post
Retur Penjualan (1/3)
Next Post
Retur Penjualan (3/3)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed