Peran Penting Support System di Dalam Lingkungan Kerja
Kesehatan mental setiap karyawan menjadi salah satu hal yang harus selalu diperhatikan setiap perusahaan. Stabilnya kondisi mental setiap karyawan menjadi salah satu hal yang akan memberikan dampak besar pada performa perusahaan.
Dari sisi karyawan, kehadiran orang yang selalu memberikan dukungan pekerjaan menjadi suatu hal yang mampu membantu menstabilkan kesehatan mental mereka. Nah, berikut ini adalah beberapa alasan penting kenapa support system.
1. Adanya Dukungan Sosial
Bila ada seseorang yang terbiasa untuk menyendiri, maka kemungkinan besar kondisi mental orang tersebut bisa semakin memburuk.
Nah, kehadiran support system akan membantu orang tersebut untuk memiliki teman untuk berbagi cerita bahkan hingga meminta pertolongan. Selain itu, hal tersebut pun memiliki peran penting untuk menjadi perantara agar bisa memperbaiki interaksi dengan dunia luar dan membantu untuk bisa beradaptasi di dalam lingkungan baru.
2. Adanya Bantuan Tanpa Harus Terlebih Dahulu Diminta
Saat kondisi mental Anda sedang terpuruk, Anda akan lebih cenderung meminta bantuan pada orang lain dan akan lebih banyak untuk mengurung diri. Bila hal tersebut terjadi dan dibiarkan saja, maka akan semakin memperburuk kondisi dan melewati batas.
Dalam hal ini, bila Anda mempunyai support system yang baik, orang-orang yang berada pada support system tersebut akan menanyakan kondisi Anda dan memberikan bantuan pada Anda, sehingga berbagai hal buruk pun tidak akan terjadi pada Anda.
Manfaat Mempunyai Support System di Lingkungan Kerja
Banyaknya tuntutan yang terjadi di dalam lingkungan kerja kerap kali memberikan dampak yang besar pada kesehatan mental seseorang. Oleh karena, kehadiran support system di dalam lingkungan kerja akan sangat penting sekali.
Alasannya adalah karena Anda bisa mempunyai orang-orang yang akan terus mendukung Anda, baik itu secara emosional ataupun praktikal, sehingga kondisi stress Anda bisa terus berkurang.
Lebih lanjut lagi, beberapa manfaat yang akan Anda dapatkan bila mempunyai support system yang akan terus mendukung Anda di lingkungan kerja adalah sebagai berikut:
1. Meningkatkan Komunikasi Secara Efektif
Lingkungan kerja yang selalu mendukung tentunya akan menjadikan karyawan bisa jauh lebih terbuka pada permasalahan yang dihadapinya. Dengan saling mengetahui permasalahan yang dihadapi antar karyawan, maka setiap karyawan akan bisa memberikan beragam saran, sehingga permasalahan yang terjadi bisa lebih cepat diselesaikan.
Nantinya, hal tersebut akan memberikan dampak yang besar pada berkurangnya rasa stress karyawan dan bisa meningkatkan produktivitas kerja mereka.
2. Meningkatkan Rasa Percaya Diri
Kehadiran support system di dalam lingkungan kerja akan memungkinkan para karyawan untuk bisa memperoleh apresiasi dan juga dukungan yang lebih banyak. Lalu, dengan adanya banyak dukungan dan apresiasi tersebut, akan bisa meningkatkan rasa percaya diri karyawan, sehingga mereka tidak akan ragu dalam melakukan berbagai hal baru yang lebih inovatif.
3. Meningkatkan Kesehatan Fisik dan Mental
Sebuah penelitian yang dilakukan di Amerika menunjukkan bahwa lingkungan kerja yang sehat bisa membuat seseorang bisa lebih baik secara fisik ataupun secara mental. Hal ini sejalan dengan kehadiran support system di dalam lingkungan kerja.
Mempunyai support system menjadi hal yang sangat penting karena akan memberikan dampak pada penurunan tingkat stress para karyawan.
4. Menjadi Lebih Puas dalam Melakukan Pekerjaan
Karyawan yang mempunyai support system di lingkungan kerja akan merasa lebih puas saat menjalani atau mengerjakan pekerjaannya. Hal tersebut terjadi karena karyawan tersebut mendapatkan dukungan penuh, sehingga setiap pekerjaan bisa dilakukan dengan perasaan yang lebih bahagia.
Pegawai yang memiliki support system cenderung akan merasa lebih puas saat menjalani pekerjaan. Hal tersebut karena pegawai memperoleh dukungan secara penuh sehingga pekerjaan dikerjakan dengan perasaan bahagia.
5. Meningkatkan Kesejahteraan Karyawan
Kehadiran orang-orang yang selalu mendukung dalam tim dan lingkungan kerja akan memberikan dampak yang baik dalam kesejahteraan di dalam dunia kerja. Selain selalu bekerja sama dalam mencapai tujuan yang telah direncanakan, kehadiran mereka pun bisa memberikan energi yang positif dan bisa lebih berbahagia.
Bagaimana Cara Menumbuhkan Support System di Lingkungan Kerja?
Dengan adanya banyak manfaat support system di lingkungan kerja pasti akan membuat Anda terpicu untuk bisa memilikinya juga. Pada dasarnya, usaha untuk bisa menumbuhkan support system di dalam lingkungan kerja bisa dimulai dari berbagai hal kecil.
Nah, berikut ini adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menumbuhkan hal tersebut:
1. Sediakan Waktu Khusus untuk Berdiskusi
Karena karyawan memiliki peran yang penting di dalam perusahaan, maka sudah seharusnya Anda bisa menjaga kesejahteraan karyawan, termasuk kesehatannya, baik itu kesehatan fisik maupun kesehatan mental.
Bila karyawan mempunyai kesehatan mental dan fisik yang bagus, maka kondisi perusahaan pun akan lebih positif. Nah untuk bisa menumbuhkan hal tersebut, maka Anda harus memberikan kesempatan pada para karyawan untuk melakukan diskusi ringan. Dengan begitu, rasa kepercayaan dan kegiatan komunikasi pun bisa berjalan lebih baik karena karyawan merasa lebih didengarkan.
2. Cobalah Untuk Berikan Feedback dan Pembinaan
Cara selanjutnya yang bisa dilakukan untuk bisa menciptakan support system adalah dengan memberikan feedback dan juga pembinaan pada karyawan Anda. Dengan adanya penyampaian saran dan juga pujian pada hasil kerja karyawan, maka akan bisa meningkatkan semangat bekerja yang lebih tinggi dan mendorong karyawan untuk terus berkembang.
3. Berikan Pengakuan dan Rewards
Sama halnya seperti feedback dan pembinaan, bila ada karyawan yang sudah melebihi target yang sudah ditentukan atau hasil pekerjaannya sangat memuaskan, maka Anda harus bisa memberikan hadiah pada karyawan tersebut.
Memberikan hadiah bisa menjadi suatu wujud dukungan yang baik, karena nantinya karyawan akan merasa lebih dihargai. Lebih jauh lagi, karyawan yang memberikan hadiah akan lebih memperbaiki kinerjanya lebih lanjut, sehingga tingkat produktivitas perusahaan akan terus melaju.
4. Jalin Komunikasi Secara Terbuka
Komunikasi adalah hal penting dalam menciptakan support system di dalam lingkungan kerja. Komunikasi yang baik harus bisa terjalin secara baik antar setiap karyawan, atau antara karyawan dengan manajemen top perusahaan.
Dengan kehadiran komunikasi yang baik ini, maka ide yang ada di dalam pikiran karyawan akan bisa disampaikan secara lebih mudah. Selain itu, pemahaman yang terjadi antar setiap karyawan juga akan terjadi secara lebih baik, sehingga akan menciptakan lingkungan kerja yang lebih positif.
Anda dapat mengetahui keuntungan usaha Anda melalui Laporan Keuangan, untuk penanganan lanjutan, konsultasikan segera bersama kami disini