Apa itu Corporate Strategy?
Corporate strategy adalah suatu rencana yang mampu membantu perusahaan dalam menentukan target pasar dan masuk ke dalam pasar tersebut.
Biasanya, setiap perusahaan akan menggunakan strategi ini untuk membuat keberagaman serta memasuki pasar yang baru. Strategi ini juga digunakan sebagai panduan untuk mengembangkan perusahaan.
Beberapa hal yang umumnya terdapat di dalam corporate strategy adalah sebagai berikut:
- Jenis pasar yang ingin dimasuki oleh perusahaan
- Bagaimana keberagaman produk mampu meningkatkan value mereka
- Cara memasuki pasar baru dan juga membuat perusahaan untuk bisa semakin kompetitif
- Waktu dan kecepatan perkembangan perusahaan.
Mereka yang umumnya membuat dan menjalankan corporate strategy ini adalah para stakeholder dan upper-level management perusahaan. Tujuannya adalah agar perusahaan bisa mencapai tujuan jangka panjang dan bisa memenuhi ekspektasi dari para stakeholder.
Di sisi lain, business strategy adalah suatu rencana yang dibuat untuk bisa menarik dan memperoleh konsumen, serta menjual produk atau jasa perusahaan untuk bisa mendapatkan keuntungan.
Tapi, perbedaan antara corporate strategy dan business strategy tidak hanya berdasarkan pengertiannya saja.
Saat corporate strategy lebih fokus dalam mencari pasar untuk perusahaan, maka business strategy lebih fokus dalam membantu perusahaan untuk bisa bersaing dan memperoleh tambahan keuntungan.
Nah, beberapa tujuan dari corporate strategy adalah memperoleh konsumen dan meningkatkan kepuasan mereka, meningkatkan keuntungan perusahaan, dan memilih produk yang akan ditawarkan.
Suatu business strategy harus menonjolkan keunggulan produk dan manfaat yang bisa diperoleh konsumen dari perusahaan. Strategi ini juga bisa disesuaikan dengan permintaan pasar yang ditargetkan di dalam corporate strategy.
Perbedaan Corporate Strategy Dan Business Strategy
Corporate strategy memiliki cakupan yang lebih luas daripada business strategy. Sehingga, untuk mengembangkan business strategy, Anda harus tetap berjalan bersama dengan corporate strategy. Pasalnya, setiap keputusan yang dibuat akan berdampak pada rencana bisnis dan tujuan perusahaan.
Dirangkum dari laman Indeed, perbedaan utama antara corporate dan business strategy adalah sebagai berikut:
1. Tujuan
Business strategy digunakan oleh beragam divisi atau departemen perusahaan dalam mencapai tujuan bersama. Sehingga, biasanya strategi ini dirancang oleh mid-level manager, seperti kepala departemen atau kepala divisi.
Di sisi lain, corporate strategy dimanfaatkan agar bisa membantu perkembangan bisnis yang sesuai dengan visi perusahaan. Selain itu, penerapannya juga dilakukan secara menyeluruh di dalam departemen dan divisinya. Biasanya, corporate strategy juga disusun oleh upper-level manager, seperti CEO Perusahaan.
2. Jangka Waktu
Berdasarkan laman Lucidity, business strategy mempunyai jangka waktu yang lebih singkat daripada corporate strategy. Business strategy biasanya dibuat agar bisa menyelesaikan isu dan juga masalah jangka pendek atau mencapai target yang lebih terukur, seperti meningkatkan jumlah revenue atau jumlah followers.
Di sisi lain, corporate strategy mempunyai jangka waktu yang lebih lama, karena lebih fokus dalam mencapai tujuan jangka panjang. Selain itu, strategi ini juga disusun dengan berdasarkan visi perusahaan.
Beberapa isu yang biasanya menjadi fokus dari corporate strategy adalah perkembangan perusahaan dan profit maximization.
3. Fokus
Dalam hal ini, fokus adalah tingkat kesuksesan dari kedua strategi tersebut. Fokus yang akan dihadapi dalam business strategy adalah membuat value untuk pelanggan, lebih kompetitif di pasar dengan membuat produk atau layanan yang unik, serta mempunyai harga terbaik di pasar.
Disisi lain, beberapa fokus dari corporate strategy adalah membuat serta menambah nilai perusahaan, mengembangkan perusahaan dengan membuat variasi produk atau melakukan ekspansi, memaksimalkan keuntungan, dan mengurangi pengeluaran.
4. Penggunaan
Business strategy lebih banyak digunakan oleh para mid-level management, seperti kepala departemen atau manajer. Sedangkan corporate strategy lebih banyak digunakan oleh para upper-level management, seperti pemimpin perusahaan atau stakeholder.
5. Manfaat (B&UK)
Kedua strategi ini tentunya memiliki manfaat untuk memberikan kesuksesan dan meningkatkan profit perusahaan.
Tapi secara khusus, manfaat dari business strategy adalah agar mempunyai arahan bisnis yang jelas, membuat keputusan bisnis terbaik, memperoleh keuntungan kompetitif di pasar, meningkatkan performa produk, dan memberikan rasa puas pada konsumen.
Di sisi lain, manfaat dari corporate strategy adalah agar operasional bisnis bisa berjalan lebih efisien, bisa bertahan dalam jangka waktu yang panjang, memastikan perusahaan agar terus mengikut visi dan misi yang telah dibuat, memaksimalkan keuntungan, menekan risiko, dan meningkatkan kualitas manajemen perusahaan.
Anda dapat mengetahui keuntungan usaha Anda melalui Laporan Keuangan, untuk penanganan lanjutan, konsultasikan segera bersama kami disini