Fungsi Penerapan CSR
CSR tentu memegang peranan fungsi bagi perusahaan. Dimana fungsi tersebut dijelaskan secara rinci sebagaimana berikut ini.
- Social License to Operate
Masyarakat merupakan salah satu faktor yang berpengaruh besar terhadap perkembangan perusahaan. Dalam hal ini, CSR yang dilakukan oleh perusahaan akan memberikan keuntungan bagi masyarakat sekitar sekaligus menjadikan mereka loyal terhadap perusahaan itu sendiri.
Pada akhirnya, perusahaan akan mendapatkan kemudahan dalam menjalankan kegiatan atau program usahanya di daerah yang bersangkutan.
- Melebarkan Akses Sumber Daya
Fungsi penerapan CSR juga bisa dirasakan melalui peningkatan daya saing perusahan dan kemudahaan perusahaan dalam mendapatkan sumber daya yang dibutuhkan.
- Melebarkan Akses Menuju Pasar
Sejatinya, seluruh investasi serta biaya yang dikeluarkan perusahaan untuk program CSR akan melahirkan sebuah potensi untuk mendapatkan akses pasar yang lebih luas lagi. Langkah ini bahkan bisa membangun loyalitas konsumen dan menembus target pasar yang baru karena perusahaan menjadi lebih terkenal dan mendapat respect dari masyarakat luas.
- Mengurangi Resiko Bisnis Perusahaan
CSR akan membangun hubungan perusahaan yang lebih baik dengan berbagai pihak. Hasilnya, resiko bisnis dapat diminimalisir dan dapat diatasi dengan cara yang lebih mudah.
- Membangun Hubungan Baik dengan Regulator
Perusahaan dapat menjalin hubungan yang lebih baik lagi dengan pemerintah sebab CSR akan meringankan beban pemerintah sebagai regulator. Dimana sebenarnya, pemerintahlah yang bertanggung jawab terhadap kesejahteraan lingkungan dan masyarakat. Namun dengan CSR ini, peran tersebut sudah dilakukan oleh perusahaan.
- Meningkatkan Hubungan dengan Stakeholder
Pelaksanaan program CSR akan memberi kemudahan komunikasi dan menumbuhkan kepercayaan antara perusahaan dengan stakeholder atau pemegang saham perusahaan.
- Meningkatkan Semangat dan Produktivitas Karyawan
CSR juga akan menambah rasa bangga dalam diri karyawan sebab mereka bisa bekerja di perusahaan yang memberikan dampak baik bagi banyak pihak. Yang pada akhirnya, akan meningkatkan etos kerja dan produktivitas karyawan.
agar fungsi ini bisa tepat sasaran dan memberikan hasil positif bagi perusahaan tentu perlu dilakukan pengkajian lanjutan dengan melihat dalam Laporan Keuangan, guna sebagai evaluasi di kemudian hari, atas program CSR yang diadakan oleh perusahaan, untuk penanganan lanjutan, segera konsultasikan bersama kami disini