Cara Menyusun Sales promotion yang Efektif
Bila Anda tertarik untuk mengaplikasikan strategi sales promotion, maka kami menyarankan untuk melakukannya dengan strategi yang baik.
Berbagai hal di dalamnya harus bisa Anda rencanakan secara matang agar bisa berjalan secara efektif dan mencapai tujuan. Sebagai salah seorang sales marketing yang kompeten, beberapa poin berikut ini harus bisa Anda pertimbangkan dengan baik ketika membuat sales promotion.
1. Target Pasar
Hal pertama yang harus Anda ketahui adalah target pasar dari bisnis Anda. Target pasar yang tepat akan mampu memberikan keuntungan yang sangat besar. Lantas, bagaimana cara yang tepat dalam menentukan target pasar? Caranya adalah dengan melakukan analisa dan memahami database para pelanggan Anda.
Berdasarkan database tersebut, nantinya Anda bisa melakukan identifikasi terkait beberapa permasalahan yang bisa diselesaikan dengan menggunakan produk yang Anda jual.
Sehingga, Anda akan mempunyai target yang berasal dari target segmentasi, umur dan masalah yang mereka hadapi. Data tersebut akan menjadi panduan bagi Anda dalam membuat sales promotion yang tepat.
2. Pencapaian
Saat membuat sales promotion, Anda harus mengetahui tujuan, goals, atau pencapaian yang ingin Anda dapatkan. Hal tersebut akan membuat kegiatan promosi Anda bisa lebih terukur dan spesifik.
Sebisa mungkin, hindarilah membuat tujuan atau goals yang sifatnya terlalu umum, seperti misalnya meningkatkan penjualan. Anda bisa membuatnya lebih spesifik dengan cara meningkatkan penjualan atau mendapatkan konsumen baru.
3. Menentukan Waktu Pelaksanaan
Pemilihan waktu menjadi sangat penting dalam membuat program sales promotion. Hal tersebut berkaitan erat dengan momentum yang sedang berlangsung di tengah-tengah konsumen.
Suatu promosi akan mampu memberikan hasil yang baik bila didalamnya terkandung unsur urgensi tertentu. Contohnya adalah seperti memberikan diskon menjelang hari raya lebaran atau hari raya lainnya.
perencanaan memberikan manfaat positif sebelum eksekusi sales promotion di lapangan, guna mendukung aplikasi strategi tsb efektif sebaiknya dibantu dengan penanganan keuangan yang baik, agar eksekusi tsb membawa hasil yang positif, bukan sebaliknya menggerus keuangan perusahaan, untuk solusinya bisa anda ketahui disini