Apa itu Syarat Pembayaran?
Dilansir dari laman Indeed, payment terms atau syarat pembayaran adalah suatu mekanisme perjanjian yang dijalin antara pihak penjual dan pihak pembeli untuk bisa melakukan kegiatan transaksi barang.
Syarat pembayaran ini bisa berhubungan dengan potongan tunai, lamanya waktu pembayaran, dan juga jumlah potongan yang diberikan.
Dalam beberapa kasus tertentu, syarat ini juga akan menyangkut kondisi ganti rugi bila pelunasan dilakukan setelah waktu temponya sudah disetujui.
Syarat pembayaran ini sangat penting untuk diterapkan guna membantu perencanaan finansial perusahaan dari proses pembuatan anggaran sampai pada pembayaran gaji karyawan.
Untuk itu, syarat ini memiliki peran yang sangat penting, dan perusahaan harus bisa memilih syarat pembayaran yang paling tepat.
Peran Penting Syarat Pembayaran
Suatu transaksi pembayaran akan menjadi tidak berarti bila belum memperoleh uang atau masih tertahan di pelanggan.
Oleh karena itu, diperlukan ketentuan dan syarat pembayaran yang jelas agar bisa membantu Anda dalam memastikan bahwa bisnis Anda akan menerima uang yang diperlukan.
Selain itu, hal tersebut juga sangat bermanfaat untuk membantu Anda dalam memfasilitasi setiap sesuatunya, mulai dari kegiatan penganggaran, pembayaran gaji, dll.
Tanpa adanya jadwal dan juga ketentuan pembayaran, pelanggan bisa memilih untuk membayar fakturnya sesuai dengan jadwal mereka sendiri, yang akan membawa masalah pada bisnis.
Salah satu masalah yang paling sering terjadi adalah masalah arus kas yang berujung pada terhambatnya kegiatan operasional bisnis itu sendiri.
Selain itu, bisnis yang di dalamnya tidak menetapkan ketentuan pembayaran yang jelas juga tidak mempunyai sumber daya yang pas untuk mengumpulkan biaya keterlambatan.
Sangat penting untuk digaris bawahi bahwa memilih dan juga mendefinisikan persyaratan pembayaran tidak berarti Anda harus membuat pelanggan Anda kecewa dan marah.
Hal tersebut justru akan menawarkan pilihan tambahan pada pelanggan dalam melunasi utangnya, seperti dengan memanfaatkan diskon ataupun jalur kredit.
Pada beberapa kasus, bentuk penawaran seperti ini justru akan jauh lebih baik, dan bahkan mampu menarik bisnis dari pesaingnya.
Jenis Syarat Pembayaran
Tercatat ada dua jenis syarat pembayaran yang umumnya berlaku di Indonesia, yaitu sistem pembayaran angsuran dan tunai.
1. Sistem Pembayaran Angsuran
Sama seperti namanya, cara pembayaran ini akan memungkinkan pihak pembeli ataupun pelanggan dalam mengangsur pembayaran produk yang dibelinya.
Sistem pembayaran angsuran ini lalu diatur di dalam syarat tadi.
Salah satu contoh syarat pembayaran pada metode angsuran adalah pembeli yang diperbolehkan untuk mengangsur pembayaran sebanyak 12 kali per tahun atau tiga kali pertahun dengan nominal yang yang sebelumnya sudah disepakati bersama.
Selain itu, sistem pembayaran ini terbagi menjadi beberapa jenis lagi, yaitu:
- Syarat n/30
Payment terms n/30 adalah suatu ketentuan ataupun kriteria pembayaran dengan waktu pembayaran angsuran selama lebih dari 30 hari.
Contoh dari syarat n/30 ini adalah PT ABC membeli suatu barang dengan nominal 5 juta rupiah tanggal 1 Januari 2020.
Maka, PT, ABC harus mampu melunasi pembayaran sebelum tanggal 31 Januari 2020.
- Syarat 2/10, n/30
Selanjutnya, payment terms 2/10, n/30 merupakan suatu kriteria pembayaran dengan tanggal jatuh tempo selama 30 hari.
Namun, bila pembeli harus mampu melunasi utangnya selama kurang dari 10 hari, maka akan memperoleh potongan harga 2%.
Jadi, semakin cepat lunas, maka harganya pun bisa semakin hemat.
Contoh utama dari syarat 2/10, n/30:
PT XYZ membeli produk senilai 5 juta rupiah, tanggal faktur nya adalah di tanggal 1 April 2020 dengan syarat 2/10, n/30.
PT XYZ harus bisa melunasinya sebelum tanggal 11 April 2020.
Jadi, PT XYZ pun akan memperoleh diskon sebanyak 2 %.
- Syarat EOM (End of Month)
Syarat End of Month adalah suatu syarat kriteria pembayaran dengan adanya tanggal jatuh tempo pada waktu akhir bulan berjalan.
Misal, PT ABC membeli suatu produk di tanggal 1 Oktober 2020, maka tanggal jatuh tempo pembayarannya adalah tanggal 31 Oktober 2020.
- Syarat EOM, n/10
Selanjutnya adalah Syarat EOM, n/10, yang merupakan kriteria pembayaran dengan tenggat waktu pembayarannya adalah 10 hari setelah akhir bulan.
Misal, PT XYZ membeli suatu produk seharga 5 juta rupiah di tanggall 15 Agustus 2019.
Maka PT XYZ harus berhasil melunasinya pada tanggal 10 September 2019.
- Syarat EOM, 2/10
Untuk syarat EOM, 2/10 hanya bisa dilakukan dengan memberikan diskon bila dilunasi sebelum pada akhirnya jatuh tempo.
Diskonnya adalah senilai 2% setelah 10 hari transaksi dilakukan.
2. Sistem Pembayaran Tunai
Jika suatu perusahaan menerapkan syarat pembayaran tunai, maka pembeli pun harus bersedia untuk membayar sejumlah dana yang sudah disepakati ketikan barang diserahkan.
Setelah barang sudah berhasil diserahkan dan sudah dibayar, maka hubungan yang terjadi antara penjual dan pembeli akan berakhir.
Namun, akan beda lagi ceritanya bila ada garansi atau ganti rugi saat kondisi barang yang diterima tidak sesuai dengan pesanan.
Cara Menerapkan Syarat Pembayaran
1. Mengirimkan Faktur Penjualan
Sebagai seorang pebisnis, Anda harus mengirim beberapa faktur penjualan pada tiap bulan.
Jadi, agar bisa memastikan bahwa pembayaran bisa dilakukan secara tepat waktu, maka pastikanlah bahwa Anda sudah melakukan diskusi dengan konsumen dan berhasil menyepakati syarat pembayaran.
2. Menerima Faktur Penjualan
Sebagai pebisnis, tentu Anda juga nantinya akan mendapatkan faktur penjualan dari pihak vendor.
Hal yang sangat penting yang harus anda perhatikan ketika menerima faktur penjualan adalah syarat pembayarannya.
Beberapa vendor mempunyai syarat pembayaran yang sangat ketat, seperti cash on delivery.
Tapi, beberapa vendor juga ada yang memberikan diskon untuk pembayaran yang lebih awal.
Untuk itu, pastikanlah bisnis Anda mempunyai cadangan uang kas yang cukup guna melakukan seluruh pembayaran.
3. Menjelaskan Kondisi Pembayaran dengan Jelas
Setiap orang pasti sudah sangat memahami bahwa pebisnis kecil akan selalu mempunyai jadwal padat.
Mengubah suatu sistem penjualan tentu akan sangat merepotkan Anda, tapi hal tersebut akan memudahkan Anda kedepannya.
Untuk itu, cobalah untuk menciptakan dan juga menerapkan sistem yang lebih jelas.
Bila Anda berhasil melakukan kedua hal tersebut dengan baik, kemungkinan besar para pelanggan Anda mampu melunasi utangnya cepat waktu.
Anda dapat mengetahui keuntungan usaha Anda melalui Laporan Keuangan, untuk penanganan lanjutan, konsultasikan segera bersama kami disini