Tips Atur Gaji Supaya Tanggal Tua Tidak Boncos (2/2)

3. Membuat laporan keuangan

Langkah ketiga untuk mengatur keuangan agar tidak sengsara di akhir bulan adalah membuat laporan keuangan secara rutin. Hal ini bertujuan agar bisa mengetahui apakah pengeluaran setiap harinya sudah melebihi anggaran yang ditentukan atau tidak.

Selain itu, juga mempermudah ketika melakukan evaluasi kondisi keuangan setiap bulannya dan melakukan perbaikan di bulan selanjutnya jika perlu.

4. Mengevaluasi kondisi keuangan

Tak hanya menyusun catatan keuangan saja, juga perlu melakukan pengecekan terhadap kondisi keuangan setiap bulannya. Apakah pengeluaran sudah tepat dengan anggaran atau lebih? Jika lebih, perlu melakukan tindakan terhadap pengeluaran lainnya.

Melakukan evaluasi kondisi keuangan juga akan membantu untuk memperbaiki pengeluaran di bulan berikutnya agar tidak terjadi kelebihan pengeluaran untuk hal-hal yang tidak sesuai dengan kebutuhan.

Sudah buat anggaran, tetapi masih kekurangan. Apa yang perlu dilakukan?

Tidak jarang orang yang sudah membuat anggaran keuangan setiap bulannya ternyata masih kekurangan. Lalu, bagaimana cara mengatasinya? ada dua hal yang bisa dilakukan, sebagai berikut.

1. Cek pos pengeluaran

Jika masih kekurangan, perlu mengecek pos pengeluaran mana yang bisa dikurangi jumlahnya. Tentunya setiap orang memiliki kebutuhan dan keinginan yang berbeda-beda. Sesuaikan kembali dengan kondisi keuangan dan keperluan masing-masing

2. Tambahkan pemasukan

Jika hal ini memungkinkan, perlu menambah pemasukan. Misalnya, memiliki pekerjaan sampingan di waktu tertentu yang tidak mengganggu waktu pekerjaan utama.

Cari dan pilih jenis pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan, skill, minat, dan kompetensi kita supaya kita bisa menikmati pekerjaan tersebut.

Nah, Bagaimana? Mengatur keuangan setiap bulannya mudah sekali, bukan? Hal ini juga bertujuan agar bisa belajar untuk hidup hemat dan tidak terus menghamburkan uang untuk hal-hal yang tidak sesuai dengan anggaran yang dibutuhkan.

seperti yang telah diulas pada bahasan di atas, di dalam Bisnis pun demikian, dengan memiliki Laporan Keuangan, dapat bermanfaat untuk mengevaluasi kondisi keuangan, mengecek pengeluaran, maupun meningkatkan penjualan. Untuk penanganan lanjutan, konsultasikan segera bersama kami disini

Previous Post
Tips Atur Gaji Supaya Tanggal Tua Tidak Boncos (1/2)
Next Post
Ingin Mengelola Bisnis Tanpa Ribet? Gunakan Cara Ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed