Apa Itu Service Marketing?
Berdasarkan laman Analytic Steps, layanan pemasaran atau service marketing adalah suatu bentuk kegiatan pemasaran yang dilakukan pada suatu bisnis penyedia jasa ataupun layanan demi meningkatkan brand awareness serta penjualan.
Berbeda dengan product marketing, service marketing lebih berfokus pada kegiatan promosi yang bersifat non- fisik dan disediakan oleh perusahaan sambil memberikan nilai untuk para penggunanya.
Dengan adanya layanan pemasaran, maka Anda bisa membangun kepercayaan konsumen dan menunjukkan bahwa layanan atau jasa Anda bisa memberikan keuntungan pada mereka. Anda bisa memanfaatkan strategi ini dengan cara menawarkan ide, keuntungan, serta janji yang bisa diberikan layanan atau jasa pada pengguna.
Siapa Saja yang Bisa Menggunakan Service Marketing?
Untuk Anda yang menyajikan layanan atau jasa pada pelanggan, maka menggunakan service marketing bisa membantu Anda untuk menjangkau prospek pengguna yang lebih luas.
Lantas, apa saja kira-kira bisnis yang bisa menggunakan strategi service marketing? Berdasarkan laman Indeed, beberapa perusahaan yang bisa menggunakan service marketing adalah perusahaan kesehatan, telekomunikasi, hiburan dan turisme, keuangan, perhotelan, transportasi, konsultasi, sales, marketing, desain, pendidikan, manajemen, industri perdagangan, hingga restoran.
Strategi pemasaran ini bisa dilakukan terlepas apakah bisnis Anda bergerak dalam bidang B2C ataupun B2B, tergantung dari layanan atau jasa yang Anda tawarkan.
Perusahaan yang lebih fokus pada bidang produk pun bisa menggunakan strategi marketing ini, khususnya dalam memberikan layanan after sales.
Anda dapat mengetahui keuntungan usaha Anda melalui Laporan Keuangan, untuk penanganan lanjutan konsultasikan segera bersama kami disini