Lantas, apa yang dimaksud dengan laporan realisasi anggaran? Laporan realisasi anggaran adalah suatu laporan yang mampu menyediakan beragam informasi terkait realisasi anggaran, belanja, pembiayaan, dan lain sebagainya serta membandingkannya dengan jumlah anggaran yang terdapat di dalam sebuah periode.
Biasanya, laporan tersebut akan menyajikan berbagai jenis hal yang berkaitan dengan anggaran keuangan, seperti alokasi, sumber, dan juga penggunaan sumber daya keuangan yang umumnya dikelola oleh pemerintah pusat maupun daerah.
Selain itu, perusahaan pun bisa membuat jenis laporan ini untuk tujuan yang sama.
Manfaat Laporan Realisasi Anggaran
Laporan ini mampu menampilkan berbagai informasi yang berkaitan dengan transfer, pendapatan, defisit, belanja, surplus, dan juga pembiayaan untuk suatu entitas.
Nantinya, informasi tersebut bisa dijadikan dasar dalam melakukan evaluasi beragam jenis pengambilan keputusan, seperti yang berkaitan dengan pengalokasian sumber daya ekonomi, ketaatan entitas pada laporan anggaran, serta akuntabilitas.
Berdasarkan penjelasan tersebut maka laporan ini memiliki berbagai keuntungan, yaitu:
- Menyajikan informasi terkait sumber, alokasi, dan penggunaan sumber daya ekonomi.
- Bisa digunakan untuk memprediksi sumber daya ekonomi untuk pendanaan kegiatan pemerintah pusat atau daerah untuk periode selanjutnya.
- Kehadiran data laporan realisasi anggaran bisa juga digunakan untuk melakukan evaluasi oleh pihak pengguna atas keputusan yang nantinya akan dibuat.
- Laporan ini juga akan menampilkan catatan kondisi keuangan secara detail dan menyeluruh.
- Laporan realisasi anggaran juga bisa digunakan untuk membandingkan pendapatan dari penggunaan budget, apakah memang telah sesuai dengan peraturan atau belum. Laporan ini juga berguna untuk mengambil keputusan terkait alokasi sumber daya ekonomi, lengkap dengan akuntabilitasnya pada masa yang akan datang.
Laporan ini pun akan menampilkan informasi yang berkaitan dengan perolehan dan juga penggunaan sumber daya ekonomi yang telah dilakukan.
Cara Membuat Laporan Realisasi Anggaran
Tentunya laporan yang baik harus bisa dipahami oleh siapa saja yang membaca atau melihatnya. Selain itu, laporan pun harus bersifat informatif, contohnya seperti laporan yang memiliki bentuk grafik atau chart.
Dengan adanya laporan tersebut, maka para pembacanya akan lebih mudah untuk mengerti dan memahaminya, karena angka tersebut disajikan dengan gambar yang terstruktur. Berikut ini adalah cara membuat laporan realisasi anggaran:
1. Bandingkan Anggaran dan Realisasi Keuangan
Hal utama dalam laporan ini adalah perbandingan antara realisasi keuangan SKPD dan budget SKPD. Laporan yang tersaji dalam bentuk grafik dan tabel ini juga sangat penting. Kenapa? Karena laporan tersebut adalah gambaran performa SKPD yang mana laporannya akan selalu menjadi keutamaan kepala daerah.
2. Membandingkan Anggaran Kas dan Realisasi Keuangan
Berdasarkan pengertiannya, anggaran kas dibuat agar bisa merencanakan arus kas masuk dan arus kas keluar. Anggaran kas ini memiliki peran yang penting karena mampu mendukung kelancaran operasional dari suatu organisasi.
Anggaran kas tersebut mencakup informasi tentang rencana arus kas yang keluar dan digunakan untuk berbelanja ataupun kebutuhan lain, serta arus kas masuk yang diperoleh dari sumber pendapatan lainnya.
3. Perbandingan Komposisi Anggaran dan Realisasi Keuangan
Perbandingan ini akan menjadi salah satu bentuk pengolahan data nyata keuangan yang bisa dilaporkan pada atasan. Prosesnya dilakukan dengan menyajikan perbandingan anggaran pada setiap jenis belanja. Sehingga, hal tersebut nantinya bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan untuk membuat anggaran pada periode laporan anggaran yang selanjutnya.
4. Membuat Grafik Realisasi Keuangan Bulanan
Dalam hal ini, tujuan dibuatnya grafik adalah agar bisa mengetahui tren penyerapan anggaran ataupun realisasi keuangan dalam setiap periode. Berdasarkan grafik tersebut nantinya bisa diketahui acuan perencanaan kegiatan pada periode laporan anggaran yang selanjutnya.
5. Perbandingan Realisasi Keuangan dengan Progress Fisik Aktivitas
Sebelumnya sudah dijelaskan bahwa laporan anggaran adalah salah satu tolak ukur performa kerja. Tapi, hal tersebut akan lebih lengkap lagi bila laporan ini disertai dengan laporan progress terkait fisik kegiatan atau aktivitas. Jadi, nantinya akan terlihat jelas tentang bagaimana proses kegiatan yang sedang berlangsung tersebut.
Dalam membuat laporan ini, Anda juga harus mencantumkan identifikasi jelas di dalam setiap halaman. Contohnya seperti nama dari entitas ataupun sarana entitas, mata uang yang akan digunakan, cakupan entitas pelaporan, periode cakupan, dan juga satuan angka yang nantinya akan digunakan.
Anda dapat mengetahui keuntungan usaha Anda melalui Laporan Keuangan, untuk penanganan lanjutan, konsultasikan segera bersama kami disini