Apa itu Target Penjualan?
Pada dasarnya, target adalah suatu hal yang harus dicapai dalam kurun waktu, metode dan satuan ukuran tertentu. Sedangkan target penjualan atau sales target adalah unit atau nilai dari suatu produk barang atau jasa yang harus dijual oleh tim penjualan dalam kurun waktu tertentu di area penjualan yang sebelumnya sudah ditentukan.
Selain itu, berdasarkan laman Indeed, target penjualan adalah bagian dari rencana penjualan yang digunakan agar bisa mencapai target performa dari seluruh tim sales, pemasaran dan tim distribusi.
Dengan adanya sales target yang jelas, maka tim sales bisa berkembang secara baik. Itu artinya, upaya yang harus dilakukan untuk mencapai sales target harus lebih realistis.
Jadi, target penjualan adalah suatu jumlah nominal sales yang wajib dicapai dalam satu periode, baik itu dalam bentuk unit atau dalam bentuk satuan mata uang. Setiap perusahaan memiliki periode penjualannya masing-masing.
Biasanya, target akan ditentukan pada awal periode bisnis dan akan menjadi tanggung jawab dari tim sales, baik itu secara umum ataupun antar anggota tim sales.
Pihak perusahaan tidak bisa secara asal dalam menentukan sales target, karena sumber daya yang dimiliki oleh perusahaan khawatir tidak bisa bekerja secara maksimal.
Sebaliknya, tingginya sales target tidak bisa mendatangkan omset yang besar untuk perusahaan ataupun tim sales. Target yang terlalu tinggi dan juga tidak masuk akan malah akan menimbulkan demotivasi tim sales. Fighting spirit yang terdapat pada tim sales akan lebih mudah jatuh karena merasa beban yang ditanggung terlalu tinggi.
Jenis-Jenis Target Penjualan
1. Target Penjualan Produk
Target penjualan produk akan melibatkan keuntungan dari hasil penjualan suatu barang. Target ini akan melibatkan barang yang bisa diubah dalam bentuk mata uang. Setiap perusahaan tentunya berharap agar produk barang atau jasa yang dijualnya bisa segera laku.
Target penjualan seperti ini cenderung akan menghitung kesuksesan seorang sales dari banyaknya barang yang berhasil dijual atau banyaknya uang yang berhasil didapatkan oleh tim. Bila pendapatan yang didapat oleh tim bisa mencapai target yang telah ditetapkan oleh perusahaan, maka tim sales berhasil mencapai sales target.
2. Target Persentase Distribusi
Target persentase distribusi adalah jenis sales target yang dinilai dari keberhasilan perusahaan dalam mendistribusikan suatu produk dari pabrik ke retail, outlet, atau pihak pengecer. Bila persentase permintaan barang pada suatu outlet ternyata naik, maka capaian sales tercapai.
3. Target Promosi
Target promosi adalah sales target yang ditentukan oleh perusahaan berdasarkan suatu ajang promosi perusahaan. Saat perusahaan mengadakan kegiatan promosi, maka akan ada keuntungan yang juga menjadi harapan kegiatan. Sifat dari target promosi ini adalah waktu yang singkat dan memanfaatkan modal yang cukup besar untuk bisa melakukannya.
Oleh karena itu, tidak heran juga target promosi lebih cenderung besar daripada pencapaian sales. Tapi dengan adanya strategi promosi yang tepat, maka akan ada konsumen yang tertarik untuk membeli produk secara langsung.
Kegiatan promosi yang bisa dilakukan oleh perusahaan pun bermacam-macam, dari mulai iklan di radio, media sosial, koran, televisi, dan lain sebagainya. Bila jumlah engagement yang terjalin melalui kegiatan promosi ini mampu mencapai target yang sudah ditetapkan, maka target pun berhasil dicapai.
Sebagai salah satu bagian dari kerangka bisnis, promosi adalah suatu hal yang sangat penting dalam pemasaran yang mampu memberikan dampak pada pencapaian target dan meningkatkan volume sales.
Strategi promosi adalah kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan agar bisa membujuk konsumen untuk tertarik dan bersedia membeli produk yang ditawarkan. Proses daya tarik yang umumnya digunakan oleh perusahaan ini lebih bersifat massal, sehingga setiap konsumen yang melihatnya secara langsung akan menjadi target pasar.
Seluruh perusahaan yang bergerak dalam kegiatan sales dan perdagangan produk pasti akan selalu lekat dalam kegiatan promosi. Untuk itu, target promosi seringkali diterapkan ke dalam target penjualan perusahaan.
Promosi memiliki peran yang sangat penting dalam mencapai tujuan perusahaan. Namun, promosi harus dilakukan dengan strategi yang baik agar omset sales bisa tercapai secara optimal. Untuk itu, promosi harus dilakukan dengan strategi yang tepat dan efektif.
Perusahaan yang menerapkan target promosi harus terlebih dulu menentukan strategi promosi yang nantinya akan digunakan. Lalu, membuat rencana lain untuk bisa menunjang kegiatan promosi, termasuk sales target yang ingin dicapai dari kegiatan promosi.
Anda dapat mengetahui keuntungan usaha Anda melalui Laporan Keuangan, untuk penanganan lanjutan, konsultasikan segera bersama kami disini