Pengertian Biaya Administrasi
Biaya administrasi bank di dalam akuntansi umumnya banyak digunakan oleh bank sebagai biaya admin bank atas saldo ataupun tabungan yang disimpan dan biaya tersebut nantinya akan dibebankan pada pemilik rekening.
Tapi, istilah ini tentunya berbeda dengan biaya administrasi bank yang digunakan oleh semua kegiatan bisnis ataupun perusahaan. Di mana beban administrasi adalah administrative expense yang digunakan untuk kegiatan produksi, penjualan produk, ataupun hal lainnya yang berhubungan dengan piutang wesel.
Tujuannya adalah agar biaya tersebut bisa mendatangkan keuntungan pada pemilik usaha di masa yang akan datang dan bisa memberikan manfaat lainnya pada konsumen.
Contoh Biaya Administrasi
Salah satu contoh biaya administrasi bisa kita temukan dalam upah atau tunjangan karyawan. Karyawan yang berada dalam tim IT atau staf akuntansi akan dimasukkan ke dalam biaya administrasi. Selain itu, tunjangan ataupun kompensasi eksekutif pun nantinya akan dimasukan ke dalam beban administrasi.
Di sisi lain, contoh biaya administrasi yang bisa ditemukan secara mudah adalah biaya asuransi, sewa gedung, utilitas, telepon, dan perlengkapan kantor lainnya. Hal tersebut juga akan berhubungan dengan penyusutan aset, yang mana beban penyusutan juga bisa dikategorikan sebagai biaya administrasi. Tapi, biaya penelitian ataupun pengembangan tidak masuk ke dalam biaya beban.
Dengan mengetahui jenis dan contoh biaya administrasi yang dikeluarkan oleh perusahaan, maka Anda tidak akan kesulitan ataupun kebingungan dalam mencatat jenis biaya administrasi ke dalam laporan keuangan yang berhubungan dengan semua kegiatan operasional perusahaan.
biaya administrasi bisa timbul dalam setiap transaksi bisnis, sejauh mana efektif dan efisien nya untuk perusahaan, dapat dilihat dalam Laporan Keuangan, untuk penanganan lanjutan, konsultasikan bersama kami disini