3. Asah Pola Pikir Pengusaha
Pola pikir menjadi aspek penting ibarat salah satu kunci yang bisa membuka pintu kesuksesan bagi para pebisnis. Tertera pada buku Mindset karya Carol Susan Dweck, bahwa ada dua jenis mindset. Yakni fixed mindset dan growth mindset.
Mereka yang memiliki fixed mindset akan cenderung menilai hasil akhir sebagai tolak ukur keberhasilan yang akan mencerminkan identitas diri. Mereka meyakini bahwa keahlian dan keterampilan seseorang merupakan bawaan yang menetap dan tidak bisa diubah. Orang yang memiliki tipe fixed mindset cenderung akan sulit untuk menerima kegagalan.
Selain itu, tipe orang yang memiliki growth mindset biasanya percaya bahwa kemampuan dapat dikembangkan melalui hasil dedikasi dan kerja keras. Orang yang memiliki pola pikir ini cenderung menghargai proses daripada hanya melihat berdasarkan hasil akhir saja. Mereka lebih menerima tantangan dan akan melihatnya sebagai peluang untuk terus berkembang.
Seorang pengusaha atau pebisnis harus memiliki growth mindset untuk bisa berkembang. Meyakini bahwa semua tidak akan mustahil dan terus mencari peluang untuk tetap berkembang lebih baik lagi.
4. Melakukan Penelitian Bisnis
Penelitian bisnis dilakukan agar Anda lebih mengenal konsumen dan bisnis yang akan Anda geluti. Membuka dan memproduksi barang yang memang dibutuhkan oleh masyarakat tentunya memiliki peluang lebih besar untuk dicari-cari konsumen.
Anda bisa melakukan penelitian bisnis baik secara online atau terjun langsung ke lapangan. Dengan begitu Anda bisa langsung mencari data yang dibutuhkan untuk membantu Anda membuat konsep desain produk dan teknik pemasaran yang memang cocok digunakan.
untuk melakukan penelitian bisnis, perlu didukung dengan Laporan Keuangan yang baik, sesuai dengan jenis dan kondisi bisnis Anda saat dilakukan nya penelitian, agar dapat memperlengkapi bisnis anda secara positif dari waktu ke waktu, untuk solusinya segera konsultasikan disini