Apa itu Free Trial?
Dilansir dari laman Chargebee, strategi coba gratis atau free trial adalah suatu model akuisisi konsumen yang mana suatu layanan atau produk akan ditawarkan pada konsumen secara gratis untuk jangka waktu tertentu saja. Tujuan dari dilakukannya strategi coba gratis adalah agar bisa memberikan waktu pada calon pelanggan untuk mempelajari suatu produk ataupun layanan.
Setelah itu, nantinya calon pelanggan akan menentukan apakah produk ataupun layanan tersebut sesuai dengan kebutuhannya atau tidak sebelum melakukan pembelian atau berlangganan.
Selain itu, strategi ini juga akan membatasi beberapa fitur yang dimiliki suatu produk untuk calon pelanggannya. Sehingga, calon pelanggan hanya bisa mencoba beberapa fitur yang terdapat di dalam produk tersebut saja.
Dirangkum dari laman Cox Blue, jika Anda ingin menawarkan produk free trial pada calon pelanggan, maka ada beberapa pertimbangan yang harus Anda pikirkan, yaitu:
- Lamanya waktu bagi calon pelanggan untuk mengetahui semua manfaat produk Anda
- Memastikan seluruh fitur dasar dari sebuah produk sudah cukup untuk calon pelanggan, terkait sesuai atau tidaknya dengan kebutuhan dirinya
- Lamanya waktu yang dibutuhkan dalam memberikan strategi coba gratis
- Lamanya waktu perusahaan untuk bisa mendukung dalam hal finansial pada program coba gratis
- Jangka waktu coba gratis pada siklus penjualan perusahaan
- Lamanya waktu yang harus Anda tunggu agar konsumen yang melakukan strategi coba gratis untuk melakukan pembelian.
Perbedaan Free Trial dengan Freemium
Harus kita akui bahwa saat ini freemium menjadi strategi yang banyak digunakan oleh perusahaan dari pada free trial. Padahal, keduanya menawarkan produk gratis untuk dicoba oleh calon pelanggan.
Tidak bisa dipungkiri bahwa saat ini, freemium adalah strategi yang lebih sering digunakan oleh perusahaan ketimbang free trial.
Nah, berdasarkan laman Profit Well, perbedaan free trial dan freemium terdapat pada perilaku waktu dan fitur yang bisa dicoba oleh calon pelanggan.
Dalam free trial, penggunaan fitur dan lamanya waktu yang ditawarkan produk akan dibatasi, sehingga produk tersebut tidak bisa digunakan secara utuh dalam waktu free trial tersebut. Calon pelanggan pun nantinya hanya bisa mencoba berbagai fitur utama pada suatu produk ataupun layanan untuk jangka waktu tertentu.
Di sisi lain, freemium akan menawarkan pada konsumen terkait produk yang bisa mereka gunakan secara penuh tanpa adanya batasan waktu dengan pengecualian pada beberapa fitur premium di dalamnya.
Manfaat Free Trial
Walaupun memang strategi coba gratis akan membatasi calon pelanggan dalam mencoba produk, bukan artinya strategi ini tidak bisa memberikan manfaat pada perusahaan.
Dirangkum dari laman Profit Well dan Cox Blue, beberapa manfaat yang akan didapatkan oleh perusahaan menerapkan strategi ini adalah sebagai berikut:
1. Meningkatkan Conversion Rate
Anda bisa mengurangi tingkat keraguan calon pelanggan dalam melakukan pembelian dengan cara menunjukkan pada mereka bahwa produk Anda mampu memenuhi kebutuhannya. Sehingga, hal tersebut bisa meningkatkan conversion rate Anda.
2. Meningkatkan Kepuasan Konsumen
Pelanggan akan merasa lebih puas bila mereka bisa mengetahui bahwa produk yang nantinya akan dibeli mampu memenuhi berbagai kebutuhannya.
Nah, free trial yang akan memungkinkan calon pelanggan untuk mencoba produk lebih dahulu sebelum membeli, tentunya akan memastikan kepuasan mereka dikemudian hari.
3. Memungkinkan Calon Pelanggan untuk Mencoba Sebelum Membeli
Dewasa ini, sudah banyak sekali pilihan produk yang membuat calon pelanggan kesulitan dalam membuat keputusan saat ingin membeli produk.
Dengan adanya free trial yang memungkinkan calon pelanggan untuk mencoba produk sebelum membeli, maka akan memudahkan calon pelanggan untuk membuat keputusan dalam membeli.
4. Menampilkan Rasa Percaya Diri Anda pada Produk
Menerapkan strategi coba gratis akan menunjukkan bahwa Anda memang percaya diri pada produk Anda. Jika Anda sudah tahu bahwa produk Anda memang mampu mengatasi masalah pada target audience, maka Anda harus bisa menunjukkan hal tersebut pada mereka.
Dengan adanya free trial yang mengomunikasikan kepercayaan diri Anda pada audiens, maka hal tersebut akan bisa meningkatkan rasa percaya diri mereka pada Anda.
5. Kesempatan Untuk Mendapatkan Feedback
Strategi coba gratis juga bisa Anda jadikan kesempatan untuk memperoleh feedback dari calon pelanggan secara langsung.
Tentunya, feedback adalah hal yang sangat berharga dalam mengembangkan produk Anda dari waktu ke waktu. Walaupun memang calon pelanggan tersebut belum tentu akan membeli produk Anda, tapi feedback dari mereka akan membantu Anda untuk membuat produk yang lebih baik.
Tips Melakukan Free Trial
Dilansir dari laman Wrike, beberapa tips untuk bisa melakukan free trial adalah sebagai berikut:
- Tunjukkan dan biarkanlah calon pelanggan Anda mencoba berbagai fitur unggulan yang mampu memenuhi kebutuhan mereka
- Pertimbangkanlah batasan yang akan Anda berikan pada calon pelanggan dalam masa free trial, dari mulai jangka waktu sampai dengan fitur yang akan digunakan
- Perhatikanlah berapa lama waktu yang diperlukan oleh calon pelanggan agar bisa mempelajari produk Anda, hak tersebut akan membantu Anda menentukan masa free trial yang akan diberikan
- Cantumkanlah informasi terkait pembayaran produk secara jelas agar konsumen Anda yakin kapan mereka harus membayar produk Anda untuk bisa terus menggunakannya.
Anda dapat mengetahui keuntungan usaha Anda melalui Laporan Keuangan, untuk penanganan lanjutan, konsultasikan segera bersama kami disini